#mpasi6bln

Sebulan yang lalu, ketika Triya 6 bulan, saya nge-twit soal #mpasi6bln. Isinya tentang apa-apa saja yang saya pelajari dan saya siapkan buat Triya pas dia mulai MPASI 6 bulan.

Sebelum teman-teman mulai membaca list-nya, please remember a couple of things. Pertama, jangan panik!! MPASI itu nggak susah kok… Cuma memang perlu penyesuaian aja, karena sebelumnya makanannya (baca: ASI-nya) instan aja, sekarang perlu persiapan yang cukup. 😀 Kedua, nggak perlu heboh beli-beli barang-barang beraneka rupa! Beli blender, beli food grinder, beli boon squirt, dan lain-lain, dan kawan-kawan… Nope… Santai ajaa.. Cukup modal blender, panci, kukusan atau saringan besi aja bisa kookkk nyiapin MPASI yang bergizi. Nyuapinnya juga cukup pakai mangkok plastik dan sendok plastik bayi ajaa, nothing fancy. 🙂 Ketiga, be sensitive and trust your kid. Kalau kelihatannya dia nggak mau makan lagi, ya jangan dipaksa. Kalau kelihatannya masih lahap, terusin aja. Kalau mulai ogah suap, mungkin dia haus? Mungkin celananya basah? You’ll know. 🙂

Jadiii, kalau sudah siap, berikut ini twit-nya yaa… Semoga bermanfaat!

  1. idealnya, #mpasi6bln tidak dimulai dengan makanan yang manis atau pakai gula supaya selera makan bayi tidak selalu mau yang manis saja
  2. tapi, triya waktu itu pertama kali makan solids adalah biskuit Farley! Kenapa? karena udah dibeliin neneknya.. 😀 #mpasi6bln
  3. 4 hr pertama: porsi biskuit 1/3 keping dicampur ASIP. 4 hari kedua: 1/2 keping dicampur ASIP. Antara 1-2x sehari. #mpasi6bln
  4. stlh biskuit, pisang ambon yang dikerok pk sendok. ternyata Triya doyan, jadi sehari 2x @1/2 pisang. #mpasi6bln
  5. stlh pisang, bubur susu beras merah. Beras merahnya organik, giling sendiri, dan dimasak pakai air. Makannya dicampur asip. #mpasi6bln
  6. u/ variasi, bubur beras merahnya dicampur pakai puree apel atau puree pir. Bisa juga dgn puree labu parang/kabocha. #mpasi6bln
  7. cara bikin beras merah giling: cuci bersih, sangrai sampai kering, blender sampai halus, masukkan ke dalam airtight container.#mpasi6bln
  8. masaknya: 1sdm munjung bubuk beras merah, 150-200cc air. Diaduk sampai mendidih dan kental. Dinginkan dulu, baru tambahkan asip. #mpasi6bln
  9. cara bikin puree apel/pir/kabocha: dikupas, dipotong kecil2, taruh di wadah, kukus. Tunggu dingin, blender sampai halus. #mpasi6bln
  10. u/ puree, biasanya disimpan di airtight container, masuk kulkas, karena bisa u/ 2-3 kali makan/campuran bubur beras. #mpasi6bln
  11. stlh bubur beras merah, bubur beras putih. Bikinnya pakai nasi yang sudah tanak, dimasak lagi dengan air, perbandingannya 1:2.#mpasi6bln
  12. Bubur beras putih biasanya dicampur pakai irisan bayam. Dimasukinnya pas buburnya sudah lembut. Stlh selesai, buburnya disaring. #mpasi6bln
  13. U/ membuat bubur lebih lembut lagi, tambahkan kaldu. Saya mulai dgn kaldu ayam, tp bisa juga kaldu ceker / iga sapi. #mpasi6bln
  14. Bisa juga buburnya pakai daging. Caranya daging beku diparut sampai halus, masak bareng buburnya. Atau, daging matang diblender. #mpasi6bln
  15. bubur kaldu kadang saya tambahkan puree zuchini atau brokoli untuk variasi rasa. Caranya sama seperti buat puree buah.#mpasi6bln
  16. pas berganti rasa dari manis (pisang&buah) ke tawar (bubur kaldu&sayur), bayi mungkin terlihat “tidak suka”, dan ini wajar.#mpasi6bln
  17. Dia hanya menyesuaikan dengan rasa baru kok. Jgn tergoda u/ tambah gula garam ya. Lama2 dia terbiasa dengan rasanya, dan lahap. #mpasi6bln
  18. U/ yg tertarik baby-led weaning, brokoli kukus sepertinya yg paling ideal. Empuk, ada tekstur, enak, mudah dipegang & tdk messy.#mpasi6bln
  19. pokoknya, u/ mulai #mpasi6bln, yg penting sabar. Bayi jg butuh penyesuaian u/ mulai makanan padat. Jgn cepat menyerah yaa!#mpasi6bln
  20. dan, demikian dulu sharing tentang #mpasi6bln-nya sore ini. 🙂 semoga bermanfaat!

Advertisements

5 thoughts on “#mpasi6bln

  1. Nindya says:

    AAAAAK, TRIYAAAA, KAMU LUCUK SEKALI SIIIIHHHH :*

    Trims banget entrinya ini, Nenong! 😀 Insya Allah sebulan lagi Wira mulai makan nih, hihi. Masih agak bingung apakah pake bubur atau langsung BLW. Tapi mungkin ya fleksibel aja kali ya 🙂 Ga usah ngoyo juga orangtuanya. Yang penting mah asik-asik aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s