Senam Hamil di RS Puri Indah

Update dengan foto – 8 April 2012

Sebagaimana saya singgung di postingan lalu, saya baru mulai senam hamil di minggu ke-36. 😀 Harusnya katanya mulai minggu ke-30 ke atas sudah bisa ikutan senam hamil, tapi beberapa orang mengusulkan supaya ikutnya agak-agak belakangan saja, supaya nggak lupa nanti malah pas lagi bersalin.. Jadilah saya ikut di minggu ke-36.

Saya ikut senam hamil di RS Puri Indah, grup-nya RS Pondok Indah. Sebenarnya saya nggak periksa di RS tersebut, tapi berhubung jadwalnya seminggu 2 kali dan tidak tertutup khusus untuk pasien di sana dan lokasinya dekat dari rumah, jadi saya memutuskan untuk ikutan senam hamil di sana. (Daripada harus ke KMC yang jaraknya 1 jam – kalau nggak macet – dari rumah, dan hanya ada hari Sabtu pagi, dan harus daftar langsung di lokasi jam 7 pagi padahal kelasnya baru mulai jam 9… -_-” Um, thanks but no thanks. :D)

Walaupun saya datang tanpa pengharapan macam-macam – karena RS-nya relatif baru dan nggak banyak disebut di forum-forum bumil, ternyata kelas senam hamil di RS Puri Indah ini menyenangkan! Sarananya enak, nyaman, dan bidan yang mengajar juga cukup berpengalaman dengan suara yang enak didengar. Oiya, plus dapat minum, jus, dan kue-kue kecil. 😀 Harganya juga cukup murah, hanya Rp. 40.000 saja!

Biasanya kelas diawali dengan senam, dan kita diajari berbagai macam gerakan untuk meringankan rasa pegal-pegal di berbagai bagian tubuh yang umum dialami oleh para bumil. Gerakannya banyak fokus di kaki (untuk mengurangi kram dan bengkak), dan pinggang (untuk mengurangi sakit dan pegal). Setelah itu latihan pernapasan perut, pernapasan diafragma (atau iga-iga), dan pernapasan perut. Selain itu latihan juga pernapasan lanjutan – yang pendek-pendek dan berguna untuk rileks dan mengalihkan perhatian dari rasa ingin mengejan ketika kontraksi, tapi pembukaan belum lengkap.

Setelah itu untuk para bumil yang kandungannya berusia di atas 37 minggu diajarkan untuk mengejan yang benar. Ini bagian favorit, karena saya nggak bisa ngejan (!!). Jadi, rupanya yang seharusnya didorong dan dikuatkan itu adalah otot perut (seharusnya seperti ngeden kalau mau pup.. 😀 ), tapi yang saya dorong adalah otot leher… Alhasil muka merah dan panas rasanya… Sementara kata susternya, kalau ini kondisi sesungguhnya, “…dedek bayinya nggak keluar-keluar, bu, kepalanya….” -_-” Hosh! Ternyata ngeden aja butuh latihan… Hehehe…

Nah, di RS Puri Indah ini ada 2 jadwal kelas senam hamil, yaitu hari Rabu dan Sabtu, jam 9-11 pagi. Pendaftaran bisa melalui telpon, dan terbuka untuk umum, jadi tidak harus jadi pasien di sana. Walaupun ketika datang pertama kali tetap harus mengisi registrasi, dan akhirnya dibuatkan kartu pasien sih.. Tapi gratis, dan prosedurnya pun mudah.

Untuk kelas hari Rabu, ruangannya di klinik Obgyn lantai 7, karena pesertanya biasanya lebih sedikit. Tersedia 9 matras, masing-masing dengan bantal dan seprei cantik dan bersih warna pink. 🙂 Kalau hari Sabtu, ruangannya di ruang konferensi lantai 5 – ruang Kenanga, karena pesertanya lebih banyak. Tersedia sekitar 15-20 matras untuk hari Sabtu.

 

Waktu saya pertama kali ikut hari Sabtu, pesertanya tidak terlalu banyak, hanya 11 orang. Tapi teman saya minggu lalu ternyata tidak kebagian tempat di hari Sabtu lalu, jadi usul saya, daftarlah sehari sebelumnya! Pendaftarannya di poli Obgyn, sebelum jam 7 malam kalau nggak salah.

Buat saya pribadi, kelas senam hamil di sini menyenangkan dan terjangkau dan memuaskan. Untuk bumil-bumil lain yang tinggal di sekitar Jakarta Barat dan tertarik untuk coba di RS Puri Indah, it’s recommended! 🙂

RS Puri Indah | (021) 2569 5222 – umum, (021) 2569 5200 (pendaftaran poli)

ps: foto menyusul yaa.. tadi lupaa… 😛

Advertisements

6 thoughts on “Senam Hamil di RS Puri Indah

  1. Kapkap says:

    Baruuu aja kepikiran, “foto-fotonya?” Heuhehe.

    Aku masih minggu 25-26, dan lagi mikir mau mulai senam hamil atau ga; tapi emang banyak yang bilang, “ntar aja. Biar ga lupa.” Errr, ya sudaaaah, wahahaha. Selama ini liat-liat di Youtube aja buat panduannya 😀

    Jadi penasaran, pengen di RS Puri Indah buat senam hamil juga. Soalnya kalo baca-baca yang KMC, kayanya emang susah daftarnya karena rame banget ya, ihik. Thanks infonya ya Nenooong 😀

  2. anasitazzi says:

    Hiks…sekarang registrasinya udah bayaaaaaarrr!! Tapi thanks looowh, membantu sekali info-nyaa ^_~ #langsung nelfon dan daftar#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s